Pages

Kamis, 09 Februari 2012

Perbedaan WIndows XP, Vista, dan 7

Banyak teman – teman yang bilang kalau Windows 7 itu berat dan lambat ( mengkonsumi memory ram hampir 700mb bandingkan dengan xp yang hanya 200 mb-an ). Ada juga yang bilang Windows 7 itu mirip dengan Vista cuma tampilan yang beda doang. Apakah itu benar? Saya tidak menyalahkan kalau ada yang berkomentar seperti itu, kan setiap orang berbeda pendapat tergantung dia yang pernah mengalaminya. Nah, kali ini saya akan mengulas perbedaan dari Windows 7 dengan Vista dan XP.

Pertama- tama kita akan bandingkan Windows 7 dengan XP:
  1. Windows 7 memiliki Windows Aero yang sangat cantik dan sangat berguna. Sedangkan XP tidak memiliki itu.
  2. Fitur sleep, hibernate, dan resume jauh lebih cepat dengan menggunakan WIndows 7. Bisa dihitung, sleep hanya 2 detik dan hibernate maksimal 5 detik dan resume maksimal 7 detik. Kalau XP akan lebih lama lagi.
  3. Windows 7 dapat digunakan dengan mudah karena Start menu sudah didesain ulang agar terlihat lebih cantik namun lebiih powerful. Sekarang kita tidak perlu membuka windows explorer untuk mencari, cukup dengan buka Start menu pada windows 7 dan mulai mencari. Dan ada juga fitur Jump List pada taskbar, agar mengakses program yang penting dapat digunakan dengan mudah
  4. Windows 7 pun memiliki Windows Virtual PC yang memungkinkan anda untuk menjalankan OS lain bersamaan dengan Windows 7, jadi anda tidak perlu merestart komputer untuk mengaksesnya.
  5. Masalah keamanan, Windows 7 lebih unggul. Karena ada Windows Firewall yang sudah di tingkatkan level keamanannya. Dan juga Windows Defender yang siap memproteksi anda kapan saja. Semua file Windows 7 akan lebih aman dari Windows XP
  6. Sistem UAC (User Account Control) akan memeringatkan anda jika sebuah program akan dijalankan. Fitur ini dapat anda atur di Control Panel sesuai keinginan. Jadi, jika ada virus yang masuk ke Windows 7 dan virus tersebut menjalankan sebuah program, maka secara otomatis UAC akan muncul dan memblokir program dan virus tersebut karena dijalankan tanpa seijin pengguna komputer.
  7. Naah, ini yang kusuka. Personalisasi desktop sekarang lebih mudah. Hanya klik kanan terus personalize deh. Anda dapat memilih wallpaper dan tema dengan mudahnya
  8. kalau komputer anda jadul lebih baik anda menggunakan windows xp saja,namun jika rig anda cukup kuat dan sudah ( minum jamu komplit .ngakak.) diupgrade bolehlah menggunakan windows seven sehingga bisa memaksimalkan graphis game DX 11 dan memaksimalkan slot ram anda minimal hingga 16 gb.
  9. Sistem UAC (User Account Control) akan memeringatkan anda jika sebuah program akan dijalankan. Fitur ini dapat anda atur di Control Panel sesuai keinginan. Jadi, jika ada virus yang masuk ke Windows 7 dan virus tersebut menjalankan sebuah program, maka secara otomatis UAC akan muncul dan memblokir program dan virus tersebut karena dijalankan tanpa seijin pengguna komputer.
  10. top 300x123 Perbedaan Windows XP, Vista, dan 7(Seven )
Mau install windows seven?? Coba lihat spesifikasi komputer anda dulu. Apakah memenuhi spesifikasi minimum yang diminta untuk mengistall si seven ini. berikut minimum requirementnya:
  • 1GHz processor (32- or 64-bit)
  • 1GB of main memory
  • 16GB of available disk space
  • Support for DX9 graphics with 128MB of memory (for the Aero interface)
  • A DVD-R/W drive
Spesifikasi di atas adalah nilai minimum.. jika mengharapkan performa yang lebih layak, tentunya komputer atau laptop anda harus memiliki spesifikasi di atas minimum requirement tersebut.
Memang, cap “Windows XP sebagai OS terbaik sepanjang masa” emang betul. Karena, Windows XP merupakan OS paling stabil. Microsoft pun menyadari hal itu dan akan terus mendukung Windows XP sampai tahun 2014 nanti, wow hebat. He he, saya aja  masih pake Windows XP nih dirumah bersanding dengan Windows 7 ( punya bokap.ngakak. ). Dan sekarang kita akan melihat ulasan perbedaan Windows 7 dengan Vista:
  1. Dari tampilan, memang sama – sama menggunakan Windows Aero, tetapi di Windows 7 lebih disempurnakan lagi. Taskbar sekarang sudah di transparan dan ada fitur baru di Windows 7 yaitu, Aero Flip 3D dan Aero shake
  2. Sistem UAC (User Account Control) pada Windows Vista tidak bisa dimatikan dan terus berjalan. Ini sangat mengganggu, karena setiap menjalankan program, anda harus klik OK pada setiap peringatan. Tidak dengan Windows 7, anda bisa mengaturnya agar UAC dimatikan saja, atau dihidupkan sesuai dengan level keamanan. Mau pilih aman, atau pilih sangat aman, atau pilih sangat 100x aman bisa anda atur sendiri.
  3. Windows Search di Windows 7 lebih cepat dan relevan. Dibandingkan search di Windows Vista ( minta ampuuuuun…)
  4. Windows Vista gak bisa menggukan layar sentuh. Beda dengan Windows 7 yang 100% mendukung
  5. Soal kenyamanan dalam penggunaannya. Windows 7 lebih unggul dengan fitur Jump List dan search yang mudah
  6. Windows 7 lebih cepat dibandingkan Windows Vista (di pc penulis vista idle hampir mengkonsumsi 850mb memori ram )
  7. Dan masih banyak yang lainnya
Banyak orang bilang bahwa Windows Vista “Produk Gagal”. Kalau menurut saya, itu tidak benar ( karena masih bisa dipake ) tapi benar juga karena ( kalah dengan generasi sebelumnya,anda juga ga mau kan beli kuda dengan harga kuda eh taunya kuda cap lembu.dipecut nga jalan malah modyar. ) karena di setiap OS pasti ada kelebihan dan kekurangan. Jadi, tidak boleh mengecap produk seperti itu. Windows 7 pun tidak lepas dari kekurangan.( tapi saya pribadi tidak suka dengan vista dan merekomendasikan seven sebagai os masa depan )

0 komentar:

Posting Komentar